Pemasangan dan Perawatan Instalasi Listrik

Untuk daerah kota medan khususnya jasa pemasangan instalasi Listrik di kota medan,silahkan hubungi kami    #  0812 694 40 661..

Pemasangan Instalasi Listrik untuk Rumah Tinggal
pemasangan instalasi listrik ini khusus bagi Anda yang akan membangun rumah tinggal baru. Sebelum membangun rumah, hal utama yang harus Anda perhatikan adalah pemasangan instalasi listrik. Anda harus memperhatikan waktu yang tepat untuk memasangnya.
Jika waktunya tidak tepat, bisa saja nantinya ada beberapa bagian rumah terpaksa dibongkar kembali. Jika demikian, akan mengeluarkan biaya yang lebih banyak lagi. Anda tentu tidak mau demikian bukan? Nah, kalau begitu, ketika akan memasang instalasi listrik, Anda bisa mengikuti petunjuk dalam panduan berikut ini.
  • Instalasi listrik sebaiknya Anda pasang sebelum melakukan proses plester dinding. Jadi, pada saat dinding bata terbentuk, instalasi listrik baru bisa Anda pasang.
  • Memasang instalasi listrik sebaiknya mengunakan pipa paralon. Mengapa? Jika Anda ingin mengganti kabel akan lebih mudah prosesnya. Selain itu, Anda hindari sambungan kabel ada dalam pipa paralon tersebut. Jika mengharuskan ada sambungan, upayakan sambungan tersebut diletakkan di atas plafon.
  • Pipa paralon tadi bisa Anda aplikasikan dengan konektor yang berkualitas, dan bungkus dengan selotip listrik. Dengan demikian, sambungan listrik yang ada dalam pipa paralon aman dari air dan serangga.
  • Sebaiknya Anda meminta kepada Biro Teknik Listrik (BTL) yang bertugas memasang instalasi lisrtik di rumah Anda menyediakan titik ground. Titik gorund ini bisa mengalihkan kelebihan arus listrik ke bumi pada saat terjadi spanning atau korsleting.
  • Sebaiknya Anda juga menentukan titik lampu jauh-jauh hari. Hal ini dilakukan untuk mempermudah pada saat pemsangan instalasi listrik, karena sudah menentukan banyaknya kabel yang akan dibutuhkan, sehingga pada saat akan menarik kabel juga sudah terpola dengan baik.
  • Setelah menentukan titik lampu, Anda juga harus menentukan titik stop kontak terlebih dahulu. Khusus rumah tinggal yang rawan banjir, hindari pemasangan stop kontak di dinding bagian bawah rumah Anda, tetapi letakkan di dinding bagian atas.
  • Gunakan stabilizer untuk menghindari tegangan yang tidak stabil. Hal ini dilakukan karena ketika terjadi tegangan yang tidak stabil bisa mengakibatkan korsleting.
  • Kabel untuk instalasi rumah tinggal, Anda pilih kabel solid, bukan kabel serabut. Mengapa? Karena kabel jenis solid ini bisa mengalirkan listrik dengan baik sehingga bisa meminimalisir daya. Kabel ini ciri-cirinya agak kaku, bila dibuka akan terlihat batang tembaganya, bukan jalinan serabut tembaga.
  • Pemilihan kabel juga harus memperhatikan besarannya, terutama disesuaikan dengan daya yang Anda inginkan. Sebaiknya, Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan pihak kontraktor listrik sebelum memilih kabel yang disesuaikan dengan daya.
  • Setelah instalasi listrik terpasang dengan baik dan sesuai dengan daya yang Anda inginkan, sebaiknya gunakan lampu hemat energi. Lampu hemat energi meskipun harganya mahal, tetapi lebih ekonomis dalam waktu jangka panjang karena lebih awet dan cahayanya lebih terang dibanding dengan cahaya lampu pijar atau neon.
Cara Merawat Instalasi Listrik di Rumah Tinggal
PLN hanya memiliki sambungan listrik, kabel di tiang jaringan tegangan rendah, kabel sambungan rumah, hingga alat pembatas dan pengukur. Jadi, instalasi listrik di rumah adalah tanggung jawab kita yang punya rumah.
Lalu .bagaimana cara merawat instalasi listrik? Berikut ini beberapa kiat yang bisa kita lakukan untuk melakukan perawatan instalasi listrik di rumah.
  • Anda pastikan instalasi listrik di rumah tinggal Anda sudah terpasang dengan benar dan tepat, aman, serta menggunakan material listik yang sudah terjamin mutunya. Tidak ketinggalan material listrik yang sesuai dengan kapasitasnya.
  • Anda lakukan pemeriksaaan secara rutin. Pemeriksaan secara rutin minimal Anda lakukan setahun sekali, gunanya untuk memastikan apakah instalasi listrik di rumah Anda masih layak digunakan. Pemeriksaan rutin juga untuk mengantisipasi jika perlu melakukan rehabilitasi.
  • Instalasi listrik juga memiliki masa tenggang perbaikan. Jika instalasi listrik di rumah Anda sudah terpasang lebih dari 5 tahun, sebaiknya direhabilitasi. Hal ini dilakukan supaya instalasi listrik di rumah Anda tetap dalam kondisi yang baik dan layak digunakan. Lebih jauh lagi hal ini dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.
  • Ketika akan melakukan rehabilitasi atau memeriksa instalasi listrik, Anda sebaiknya menggunakan jasa instalatir resmi dari Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia (AKLI). Anda bisa mendapatkan informasi mengenai instalatir listrik ini melalui kantor PLN.
Tips Merawat Instalasi Listrik
Berikut ini merupakan beberapa tips aman untuk merawat instalasi listrik di rumah agar tidak membahayakan.
  • Pastikan keamanan pemasangan instalasi listrik di rumah Anda, apakah sudah terpasang dengan tepat dan menggunakan material listrik yang memiliki kualitas terjamin atau memenuhi standar.
  • Gunakan komponen listrik sesuai kapasitas daya yang tersambung.
  • Biasakan untuk memeriksa instalasi listrik secara rutin, minimal satu kali dalam setahun. Pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan tingkat kelayakan penggunaan instalasi listrik.
  • Sebaiknya, Anda melakukan rehabilitasi jika instalasi yang terpasang sudah lebih dari 5 tahun. Rehabilitasi ini dilakukan untuk mencegah hal-hal yang dapat membahayakan.
  • Jangan menggunakan peralatan rumah tangga elektronik melebihi kapasitas daya yang terpasang.
Tips Mencegah Bahaya Listrik
Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mencegah bahaya listrik.
  • Hindari kebiasaan menumpuk stop kontak pada satu sumber arus listrik.
  • Gunakan sekering yang disesuaikan dengan besar daya listrik tersambung, jangan dikurangi maupun dilebihi. Sekering merupakan alat yang berfungsi sebagai pemutus arus listrik.
  • Jangan membiarkan kabel listrik dalam keadaan terbuka atau terkelupas. Segera ganti kabel atau lapisi dengan lakban.
  • Gunakan komponen listrik, misalnya saklar, stop kontak, kabel, dan steker, yang memenuhi standar serta berlogo SNI.
  • Jangan membiarkan pepohonan sekitar rumah menyentuh maupun sekadar mendekati kabel listrik. Segera pangkas bagian pohon tersebut.
  • Usahakan untuk memasang antena televisi dengan jarak yang tidak terlalu dekat dengan sumber tegangan listrik.
  • Jangan coba-coba menggunakan listrik di luar hak dan bermain-main dengan KWH Meter.
  • Berhati-hatilah saat memakai listrik
Teknisi profesional dan untuk daerah kota medan khususnya jasa pemasangan instalasi Listrik di kota medan,

IWAN        #  0812 694 40 661.

Semoga bermanfaat.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url