5 Tahapan Penting Pemasangan Instalasi Listrik Baru

5 Tahapan Penting Pemasangan Instalasi Listrik Baru  Para teknisi atau tukang listrik,biasanya dalam pengerjaan menginstalasi kabel kedalam rumah,secara umum untuk pemasangan instalasi listrik bisa dibagi menjadi 4 tahap,dan bisa menjadi patokan dasar seluruh penyedia jasa pemasangan instalasi listrik yang professional dan berpengalaman dalam menyelesaikan pekerjaannya.

TAHAP PERTAMA
Sebelum tahap pengerjaan ini dilakukan,sebaiknya harus dipastikan semua material untuk instalasi listrik seperti, kabel,Pipa listrik,Box MCB haruslah berkualitas baik atau berstandart (SNI),tentunya ini untuk keamanan pemilik rumah kedepan nya.


TAHAP KEDUA
Pada tahap ini pekerjaan meliputi pembobokan untuk menanam pipa pada
tembok.Pekerjaan ini dimulai apabila pemasangan batubata telah selesai dan
belum diplester.
Kedalaman bobokan kurang lebih dapat membenamkan pipa sampai permukaannya sejajar dengan permukaan batubata tembok,hal ini dimaksudkan untuk menghindari retaknya plesteran Tembok yang  diakibatkan dari kurang terbenamnya pipa oleh karena plesteran tembok tipis.

Pembenaman pipa pada tembok harus diklem dengan menggunakan paku uk.5cm,agar posisi pipa tidak lepas pada saat tembok diplester.
Pemasangan kawat ayam dibutuhkan pada pembenaman pipa yang
melebihi 2 lot, untuk menghindari retak plesteran yang disebabkan dasar
plesteran adalah pipa yang sifat nya licin.

TAHAP KETIGA
Pada tahap kedua pekerjaan meliputi pemasangan embowdoos dan box mcb
pada tembok. Pekerjaan ini mulai dilaksanakan apabila kondisi tembok telah
diplester dan belum diaci.Satu hal yang perlu diperhatikan dalam pemasangan embowdoos dan box mcb adalah bibirnya harus sejajar dengan permukaan tembok agar nantinya pemasangan outlet-out hasilnya maksimal yaitu neplak pada tembok.

Penggunaan selang waterpass dibutuhkan pada pemasangan embowdoos
agar tinggi seluruh embowdoos sama rata dan penggunaan penggaris waterpass juga diperlukan agar pemasangan posisinya vertikal. Tinggi embowdoos diukur dari lantai,untuk stopkontak berkisar antara 30-40 cm dan untuk saklar antara 100-150 cm sedangkan tinggi box mcb adalah 180 cm.

Sedang mencari jasa pemasangan instalasi listrik di medan atau jasa tukang listrik di medan,yang terbaik dan professional ? silahkan hubungi kami 
                    0812 694 406 61 

TAHAP KEEMPAT
Pada tahap ini pekerjaan meliputi penginstalan kabel sebagai penghantar arus lis
trik.Menginstal kabel membutuhkan ketelitian dan konsentrasi untuk menghindari ke salahan sambungan,dan perlu juga diperhatikan kerapatan lilitan sambungan,karena apabila sambungan memiliki lilitan yang lemah dapat menyebabkan tersendatnya arus listrik sehingga beresiko hilang daya dan tentunya mengakibatkan arus tegangan tidak mengalir dengan sempurna

Lilitan sambungan harus ditutup bisa dengan solasi atau listdop.pertemuan antara kabel dalam t-doos tidak melebihi 3 line.Selain agar lilitan sambungan hasilnya maksimal, juga menghindari penumpukan kabel dalam t- doos yang dapat memicu kelembaban.

Setelah instalasi kabel selesai maka pekerjaan selanjutnya adalah menginstal kabel antena,telpon,toufat dan tancep grounding atau pembumian. Pembumian (Grounding)  merupakan salah satu cara konvensional untuk mengatasi bahaya tegangan sentuh tidak langsung,yang mungkin terjadi pada bagian peralatan yang terbuat dari logam,karena pemasangan instalasi listrik yang baik,benar dan aman harus memakai ground.

Banyak manfaat dan keuntungan saat pemasangan instalasi listrik juga menyertai ground didalamnya:
·         Mengalirkan arus dari bagian-bagian logam peralatan yang teraliri
arus listrik liar ketanah.
·         Menghilangkan beda potensil antara bagian logam peralatan dan tanah
sehingga tidak membahayakan bagi yang menyentuh nya.
dan masih banyak lagi kegunaan lainnya

TAHAP KELIMA (AKHIR)
Ini adalah tahap terakhir dalam proses pengerjaan instalasi listrik,yaitu
pekerjaan pemasangan outlet-outlet dan fitting plafond serta MCB.
pemasangan outler harus tegak lurus agar terlihat rapi dan posisi pemasangan
fitting dititik AS pada ruangan.untuk mendapatkan hasil tersebut dengan
menggunakan alat ukur yaitu meteran.

Demikianlah proses pekerjaan instalasi listrik yang biasa dilaksanakan  oleh para installer Profesional dan berpengalaman.

Apakah anda berminat atau sedang dalam perencanaan untuk menggunakan jasa  pemasangan instalasi listrik  baru , khususnya daerah Kota medan dan sekitarnya, 
anda bisa bisa hubungi kami di 0812 694 40661
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url