Keselamatan dan Perawatan Panel listrik


Perawatan Panel listrikKeselamatan dan Perawatan Panel listrik


Panel listrik adalah jantung rumah Anda, juga dikenal sebagai kotak pemutus/pengaman arus, kotak listrik atau kotak sekering, peralatan ini membuat rumah Anda tetap beroperasi. Perawatan dan perawatan penting untuk memastikan panel beroperasi secara optimal, mencegah bahaya kebakaran dan menjaga peralatan rumah tangga dan elektronik tidak rusak.

Secara umum Panel terdiri dari beberapa jenis pemutus arus, semua mempunyai tujuan yang sama bentuk didalamnya,diagram atau penempatannya dapat bervariasi tetapi fungsinya masih sama,sebagai pengaman atau control terhadap arus listrik yang masuk ke bangunanan.

Biasanya arus listrik disediakan pada bangunan dengan cara melalui jaringan listrik bawah tanah atau dari atas yang berasal dari pembangkit listrik di dekatnya (Trafo). Saluran listrik masuk ke panel pemutus listrik Anda atau panel distribusi. Berikut adalah beberapa pertimbangan keamanan secara umum untuk semua panel:

Panel listrik distribusi harus mudah diakses setiap saat. Jangan letakkan barang apa pun di area lantai tepat di dekat atau depan panel. Berikan tempat khusus seperti sebuah lorong di depan panel yang lebarnya setidaknya tiga kaki.
Semua panel harus memiliki penutup pintu box bahkan lebih baik lagi jika pada pintu panel ada kuncinya, sehingga komponen dalam box panel seperti bus bar, MCCB,MCB,Relay dan beberapa komponen vital lainnya  tetap aman terjaga.
Panel harus memiliki penutup pintu tertutup. Penutup tidak boleh dikunci kecuali pekerjaan sedang berlangsung dan membutuhkan penutup terkunci sebagai bagian dari prosedur lock out.

Panel harus memiliki wiring diagram yang mengidentifikasi,mengarsir,mengenali setiap pemutus sirkuit komponen. Biasanya wiring diagram diletakkan di atas  penutup. Wiring diagram harus mengidentifikasi berbagai tempat, area umum, atau peralatan yang dipelihara oleh setiap pemutus sirkuit.


Rangkaian pemutus tidak boleh ditempelkan atau diamankan dalam posisi "tertutup" . Setiap pemutus sirkuit dan rangkaian dinilai untuk jumlah ampere maksimum. Ampere meter adalah unit untuk mengukur arus aliran listrik melalui rangkaian komponen dalam panel. Jika laju aliran di sirkuit melebihi arus maksimum yang ditentukan untuk pemutus, pemutus "arus" akan menghentikan aliran listrik.

Terakhir, pemutus tidak boleh ditempelkan dalam posisi "terbuka" sebagai sarana untuk memutus ulang rangkaian selama aktivitas perbaikan atau pemeliharaan. Pemutus terbuka harus diberi tanda atau terkunci dengan benar.


Setelah panel diperiksa setiap tahun,tentunya ini akan meningkatkan umur panel dan menangkap masalah lebih awal jika terjadi hal yang tidak dinginkan. pemeriksaan terdiri dari pembersihan debu, puing dan serat yang terkumpul, pengetatan koneksi sambungan kabel listrik,mencari titik panas, meleleh atau kabel hangus dan memastikan panel listrik aman.

Melindungi panel dengan perlindungan lonjakan arus juga akan melindungi sistem kelistrikan dan peralatan serta peralatan yang ada di dalamnya.








Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url